Tim Mobil Listrik UNY Pertahankan Gelar Juara Umum KMLI Tiga Kali Beruntun

Tim mobil listrik Universitas Negeri Yogyakarta mempertahankan gelar sebagai juara umum Kompetisi Mobil Listrik Indonesia IV (KMLI) di ...


Tim mobil listrik Universitas Negeri Yogyakarta mempertahankan gelar sebagai juara umum Kompetisi Mobil Listrik Indonesia IV (KMLI) di Politeknik Negeri Bandung (2—4 November 2012). Mobil listrik di bawah bimbingan dosen Pendidikan Teknik Mesin Dr. Mujiono ini diberi nama FE-MAX Electric Car (Fecar). Tim ini diketuai oleh Widodo (Jurusan Pend. Teknik Mesin) dan beranggotakan Rizki Edi (Jurusan Pend. Teknik Elektronika), Wahyu (Jurusan Pend. Teknik Otomotif), Aditya & Warito (Jurusan Pend. Teknik Mesin), Ranita (Jurusan Pendidikan Teknik Informatika), Wasan & Muklas (Jurusan Pend. Teknik Elektronika) serta Irma Septiana (Jurusan Pend. Matematika) dan Niken (Jurusan Pendidikan Kimia).

Widodo, selaku ketua kelompok, menuturkan bahwa kompetisi Mobil Listrik Indonesia IV bertujuan untuk memacu kreativitas mahasiswa dalam pengembangan penggunaan energi listrik dalam sistem transportasi sebagai pengganti bahan bakar fosil. “Mobil listrik kami sendiri keluar sebagai juara umum setelah mendapat poin tertinggi dari hasil kalkulasi lima kategori yakni: kecepatan, percepatan, uji tanjakan, pengereman, dan efisiensi.”

“Dimensi mobil listrik ini adalah panjang 2 meter, lebar 1,28 meter dan berat 189 kilogram serta menggunakan msin penggerak 4 motor BLDC kapasitas 2000 watt dan speed controller di atas 2000 watt,” jelas Widodo.

“Kelebihan mobil kami menggunakan modifikasi controller sehingga memiliki energi mesin yang kuat dengan Top Speed 60 km/jam yang dapat dicapai dalam waktu 7—8 detik,” tambahnya.

“Dalam waktu dekat, kami juga telah mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi yang juga merupakan program DIKTI yakni Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) di ITS,” tutup Widodo. (hryo)

You Might Also Like

0 Komentar

Popular Posts

Flickr Images